Menata Ruang Tamu Mungil

Harga properti yang terus melejit, membuat sebagian besar orang dengan kemampuan dana terbatas hanya sanggup mendapatkan hunian/rumah dengan tipe kecil atau sedang. Luas bangunan dan tanah yang terbatas membuat pengaturan ruang harus cermat dan bijak. Untuk hunian tipe-tipe kecil, ruang tamu dan ruang keluarga biasanya menyatu dalam satu ruang.

Berikut ini ditampilkan beberapa contoh penataan interior bagaimana mengatur ruang tamu yang mungil / kecil, agar nampak lega, nyaman dan hangat baik bagi penghuni maupun tamu-tamu yang datang.



Hal penting yang harus diperhatikan adalah bijak menempatkan perabotan/furnitur di ruang tamu, agar ruang tidak terasa sempit karena penuh sesak aneka barang. Kita bisa meletakkan sofa ukuran 2+1 bila memungkinkan. Sebagai pemanis bisa ditaruh tanaman hiasan di pojok ruang. Bisa juga dengan menempatkan cermin besar di salah satu dinding hingga seolah-olah ruangan terasa luas.



Hiasan/pernak pernik di dinding bisa juga dipajang untuk mempercantik sebagai hiasan dekoratif di ruang tamu. Dengan sedikit tambahan permainan cahaya, bisa menjadikan hiasan yang elegan.




Bisa juga diletakkan satu rak buku kecil untuk pajangan sekaligus menyediakan bahan bacaan bagi tamu. Anda bisa taruh majalah, buku-buku inspiratif, atau bahkan brosur2 produk usaha Anda (bila kebetulan Anda memang punya home industry di rumah, semisal karya lukis, rajutan, sulaman, jahitan, kerajinan handmade dsb), yang bisa menemani tamu sementara Anda menyiapkan minuman + cemilan untuk si tamu :)

Satu lemari penyimpan bisa juga diaplikasikan untuk storage sekaligus hiasan di ruang tamu bila barang2 Anda sudah tidak tertampung di ruang dalam. Hanya perlu diperhatikan jangan sampai menaruh barang berharga yang mudah diambil/dibawa tamu yang punya itikad tidak baik. Selamat menata ruang tamu Anda :)

(Sumber inspirasi : diolah dari berbagai sumber)

1 komentar: